Panduan Lengkap: Memahami Kode Pos Kasokandel dan Penggunaannya


Panduan Lengkap: Memahami Kode Pos Kasokandel dan Penggunaannya

Kode pos Kasokandel, 41271, adalah kode pos untuk wilayah Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan Kasokandel terletak di bagian barat Kabupaten Majalengka dan berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di sebelah barat, Kabupaten Sumedang di sebelah timur, Kecamatan Kadipaten di sebelah utara, dan Kecamatan Ligung di sebelah selatan.

Kecamatan Kasokandel memiliki luas wilayah 97,47 km dan dibagi menjadi 11 desa, yaitu: Bantarwaru, Cibodas, Gandasari, Kasokandel, Leuwikidang, Majasari, Mekarsari, Mulyasari, Nanggerang, Pasirmalati, dan Ranjiwetan.

Wilayah Kecamatan Kasokandel sebagian besar berupa dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 25 meter di atas permukaan laut. Sebagian kecil wilayahnya berupa perbukitan yang terletak di bagian selatan kecamatan.

Penduduk Kecamatan Kasokandel berjumlah sekitar 100.000 jiwa (2020) dengan kepadatan penduduk sekitar 1.000 jiwa/km. Mayoritas penduduk Kecamatan Kasokandel bekerja di sektor pertanian, perdagangan, dan industri.

Kecamatan Kasokandel memiliki beberapa potensi wisata, antara lain: Air Terjun Cibolang, Air Terjun Cipanas, Gunung Pulus, dan Situ Cipanten.

Air Terjun Cibolang terletak di Desa Cibodas, sekitar 10 km dari pusat Kecamatan Kasokandel. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh hutan pinus yang rindang.

Air Terjun Cipanas terletak di Desa Gandasari, sekitar 15 km dari pusat Kecamatan Kasokandel. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan airnya hangat karena berasal dari sumber air panas.

Gunung Pulus terletak di Desa Majasari, sekitar 20 km dari pusat Kecamatan Kasokandel. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Kabupaten Majalengka.

Situ Cipanten terletak di Desa Ranjiwetan, sekitar 25 km dari pusat Kecamatan Kasokandel. Situ ini merupakan danau alami yang luasnya sekitar 10 hektare dan menjadi habitat berbagai jenis ikan.

Kecamatan Kasokandel berbatasan dengan beberapa wilayah, yaitu:

1. Sebelah utara: Kecamatan Kadipaten

2. Sebelah timur: Kecamatan Ligung

3. Sebelah selatan: Kabupaten Sumedang

4. Sebelah barat: Kabupaten Indramayu

Kecamatan Kasokandel memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

1. Letaknya yang strategis, dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu.

2. Memiliki potensi wisata yang beragam.

3. Penduduknya ramah dan terbuka.

4. Biaya hidup yang terjangkau.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top