Panduan Lengkap Kode Pos Banjaran, Dapatkan Informasi Akurat di Sini!


Panduan Lengkap Kode Pos Banjaran, Dapatkan Informasi Akurat di Sini!

Kode pos Banjaran adalah 40377, yang meliputi kecamatan Banjaran dan sebagian kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kecamatan Banjaran terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung, berjarak sekitar 20 kilometer dari ibu kota kabupaten, Soreang. Luas wilayah Kecamatan Banjaran sekitar 34,63 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk sekitar 150.000 jiwa.

Kecamatan Banjaran memiliki beberapa desa, yaitu: Banjaran, Sindangpanon, Tarajusari, Pangalengan, dan Pameungpeuk. Desa Banjaran merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Banjaran, sekaligus merupakan desa terbesar di kecamatan ini. Desa Sindangpanon terkenal dengan produksi keramiknya, sedangkan Desa Tarajusari dikenal sebagai sentra industri sepatu.

Kecamatan Banjaran memiliki beberapa objek wisata, di antaranya: Situ Cisanti, Kawah Putih, dan Gunung Patuha. Situ Cisanti merupakan mata air panas yang terletak di Desa Banjaran. Kawah Putih merupakan kawah vulkanik yang terletak di Desa Tarajusari, sedangkan Gunung Patuha merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Desa Pameungpeuk.

Selain objek wisata, Kecamatan Banjaran juga memiliki beberapa fasilitas umum, seperti: rumah sakit, sekolah, dan pasar. Rumah sakit yang ada di Kecamatan Banjaran antara lain Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banjaran dan Rumah Sakit Islam (RSI) Banjaran. Sekolah yang ada di Kecamatan Banjaran antara lain Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Banjaran, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Banjaran, dan Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Banjaran.

Pasar yang ada di Kecamatan Banjaran antara lain Pasar Banjaran dan Pasar Sindangpanon. Pasar Banjaran merupakan pasar terbesar di Kecamatan Banjaran, sedangkan Pasar Sindangpanon merupakan pasar tradisional yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari.

Kecamatan Banjaran berbatasan dengan beberapa kecamatan lain, yaitu: Kecamatan Soreang di sebelah utara, Kecamatan Arjasari di sebelah timur, Kecamatan Cimaung di sebelah selatan, dan Kecamatan Pacet di sebelah barat. Kecamatan Banjaran merupakan kecamatan yang strategis, karena terletak di jalur utama Bandung-Garut.

Kecamatan Banjaran memiliki potensi ekonomi yang besar. Sektor ekonomi utama di Kecamatan Banjaran adalah pertanian, industri, dan pariwisata. Pertanian di Kecamatan Banjaran meliputi padi, jagung, dan sayuran. Industri di Kecamatan Banjaran meliputi keramik, sepatu, dan tekstil.

Pariwisata di Kecamatan Banjaran meliputi Situ Cisanti, Kawah Putih, dan Gunung Patuha. Kecamatan Banjaran juga memiliki beberapa hotel dan restoran yang siap melayani wisatawan.

Kecamatan Banjaran merupakan kecamatan yang berkembang pesat. Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur yang pesat. Kecamatan Banjaran juga merupakan kecamatan yang aman dan nyaman untuk ditinggali.

Berikut adalah beberapa keunggulan Kecamatan Banjaran:

  • Lokasi yang strategis, berada di jalur utama Bandung-Garut
  • Potensi ekonomi yang besar, meliputi pertanian, industri, dan pariwisata
  • Fasilitas umum yang lengkap, seperti rumah sakit, sekolah, dan pasar
  • Lingkungan yang aman dan nyaman untuk ditinggali

Kecamatan Banjaran merupakan kecamatan yang tepat untuk dijadikan tempat tinggal, bekerja, dan berusaha.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top