Panduan Lengkap Kode Pos Bandulan: Temukan Kode Pos Anda dengan Mudah!


Panduan Lengkap Kode Pos Bandulan: Temukan Kode Pos Anda dengan Mudah!

Kode pos Bandulan adalah 64191. Kode pos ini berada di Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Wilayah Bandulan meliputi beberapa desa, antara lain Desa Bandulan, Desa Kedungmaling, Desa Jampirogo, Desa Kedunggede, dan Desa Puloniti.

Bandulan terletak di bagian barat Kabupaten Mojokerto, berbatasan dengan Kabupaten Gresik di sebelah utara, Kabupaten Sidoarjo di sebelah timur, dan Kabupaten Pasuruan di sebelah selatan. Wilayah Bandulan merupakan daerah dataran rendah dengan ketinggian rata-rata sekitar 10 meter di atas permukaan laut.

Bandulan memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan berlangsung dari bulan Oktober hingga April, sedangkan musim kemarau berlangsung dari bulan Mei hingga September. Suhu udara rata-rata di Bandulan berkisar antara 26C hingga 32C.

Penduduk Bandulan mayoritas bekerja di sektor pertanian, terutama padi dan tebu. Selain itu, ada juga yang bekerja di sektor industri, perdagangan, dan jasa. Bandulan memiliki beberapa potensi wisata, antara lain Candi Bajangratu, Candi Wringin Lawang, dan Air Terjun Kedungmaling.

Candi Bajangratu merupakan candi Hindu yang dibangun pada abad ke-10. Candi ini terletak di Desa Bandulan, sekitar 1 kilometer dari pusat kota Bandulan. Candi Bajangratu memiliki struktur bangunan yang unik, dengan atap berbentuk stupa dan relief-relief yang indah.

Candi Wringin Lawang merupakan candi Buddha yang dibangun pada abad ke-13. Candi ini terletak di Desa Kedungmaling, sekitar 2 kilometer dari pusat kota Bandulan. Candi Wringin Lawang memiliki struktur bangunan yang megah, dengan pintu gerbang yang besar dan dikelilingi oleh pagar batu.

Air Terjun Kedungmaling merupakan air terjun yang terletak di Desa Kedungmaling, sekitar 3 kilometer dari pusat kota Bandulan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dikelilingi oleh hutan yang rimbun.

Bandulan juga memiliki beberapa kuliner khas, antara lain nasi bebek, sate bandulan, dan pecel punten. Nasi bebek merupakan hidangan yang terbuat dari bebek yang digoreng atau dibakar, disajikan dengan nasi dan sambal. Sate bandulan merupakan sate yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dibumbui dengan kecap manis dan disajikan dengan lontong.

Pecel punten merupakan hidangan yang terbuat dari punten (pucuk daun singkong) yang direbus dan disajikan dengan sambal kacang. Bandulan juga memiliki beberapa kesenian tradisional, antara lain tari remo, tari jaran kepang, dan musik angklung.

Tari remo merupakan tari tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Tari ini biasanya dibawakan oleh sekelompok penari wanita dengan menggunakan kostum yang berwarna-warni. Tari jaran kepang merupakan tari tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Tari ini biasanya dibawakan oleh sekelompok penari pria dengan menggunakan kostum menyerupai kuda.

Musik angklung merupakan kesenian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Musik ini dimainkan dengan menggunakan alat musik angklung yang terbuat dari bambu. Bandulan juga memiliki beberapa upacara adat, antara lain upacara sedekah bumi, upacara bersih desa, dan upacara pernikahan adat Jawa.

Upacara sedekah bumi merupakan upacara yang dilakukan untuk mensyukuri hasil panen. Upacara ini biasanya diadakan pada bulan September atau Oktober. Upacara bersih desa merupakan upacara yang dilakukan untuk membersihkan desa dari segala macam penyakit dan malapetaka.

Upacara pernikahan adat Jawa merupakan upacara yang dilakukan untuk mempersatukan dua orang dalam ikatan pernikahan. Upacara ini biasanya diadakan di rumah mempelai wanita dan dihadiri oleh keluarga dan kerabat kedua belah pihak.

Bandulan merupakan wilayah yang memiliki potensi besar di bidang pertanian, industri, perdagangan, dan jasa. Wilayah ini juga memiliki beberapa objek wisata, kuliner khas, kesenian tradisional, dan upacara adat yang menarik untuk dikunjungi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top