Temukan Kode Pos Panggul, Trenggalek untuk Segala Kebutuhan Pos Anda!


Temukan Kode Pos Panggul, Trenggalek untuk Segala Kebutuhan Pos Anda!

Kode pos Panggul, Trenggalek adalah kode pos yang digunakan untuk wilayah Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Kecamatan Panggul terletak di bagian barat laut Kabupaten Trenggalek, berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di sebelah utara, Kabupaten Tulungagung di sebelah timur, Kabupaten Pacitan di sebelah selatan, dan Kabupaten Wonogiri (Provinsi Jawa Tengah) di sebelah barat.

Secara geografis, Kecamatan Panggul merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian rata-rata 700 meter di atas permukaan laut. Daerah ini dilintasi oleh beberapa sungai, di antaranya Sungai Panggul, Sungai Ngasinan, dan Sungai Wungu.

Kecamatan Panggul memiliki luas wilayah sebesar 223,41 km, dengan jumlah penduduk sekitar 50.000 jiwa. Masyarakat di Kecamatan Panggul mayoritas bermata pencaharian sebagai petani, pedagang, dan pengrajin.

Hasil pertanian utama di Kecamatan Panggul adalah padi, jagung, ubi kayu, dan kacang tanah. Kecamatan Panggul juga dikenal sebagai sentra produksi gula aren dan kerajinan gerabah.

Kecamatan Panggul memiliki beberapa objek wisata alam yang menarik, di antaranya Air Terjun Nglurup, Air Terjun Jurug Bayem, dan Air Terjun Watu Ondo.

Selain itu, di Kecamatan Panggul juga terdapat beberapa situs sejarah, seperti Candi Panggul dan Candi Ngetos. Candi Panggul merupakan candi Hindu yang diperkirakan dibangun pada abad ke-10 Masehi.

Candi Ngetos merupakan candi Buddha yang diperkirakan dibangun pada abad ke-13 Masehi. Kedua candi tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Singasari.

Kecamatan Panggul juga memiliki beberapa kuliner khas, di antaranya nasi pecel, nasi tempong, dan jenang grendul. Nasi pecel merupakan nasi yang disiram dengan sambal pecel yang terbuat dari kacang tanah, cabai, dan rempah-rempah.

Nasi tempong merupakan nasi yang disiram dengan sambal tempong yang terbuat dari cabai, tomat, dan terasi. Jenang grendul merupakan jenang yang terbuat dari tepung beras, gula, dan santan.

Kecamatan Panggul memiliki beberapa fasilitas umum, seperti pasar, sekolah, dan puskesmas. Kecamatan Panggul juga dilintasi oleh jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Trenggalek dengan Kabupaten Ponorogo.

Daerah-daerah sekitar yang dekat dengan kode pos Panggul, Trenggalek meliputi Kecamatan Pule, Kecamatan Bendungan, Kecamatan Durenan, Kecamatan Trenggalek, dan Kecamatan Karangan.

Kecamatan Panggul memiliki potensi yang besar untuk pengembangan sektor pertanian, pariwisata, dan industri kreatif. Dengan dukungan pemerintah daerah dan masyarakat, Kecamatan Panggul dapat menjadi daerah yang maju dan sejahtera.

Demikian penjelasan tentang kode pos Panggul, Trenggalek. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top