Pelajari Kode Pos Gamping Sleman dan Rasakan Kemudahan Pengiriman!


Pelajari Kode Pos Gamping Sleman dan Rasakan Kemudahan Pengiriman!

Kode pos Gamping Sleman adalah 55291. Kecamatan Gamping terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Depok di sebelah utara, Kecamatan Ngaglik dan Kecamatan Seyegan di sebelah timur, Kecamatan Sedayu di sebelah selatan, dan Kecamatan Mlati di sebelah barat.

Kecamatan Gamping memiliki luas wilayah sebesar 23,72 km dengan jumlah penduduk sebanyak 150.121 jiwa (2020). Kepadatan penduduk di kecamatan ini mencapai 6.331 jiwa/km. Secara geografis, Kecamatan Gamping berada di dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 120 meter di atas permukaan laut.

Kecamatan Gamping terbagi menjadi 5 kelurahan, yaitu: Ambarketawang, Balecatur, Banyuraden, Gamping, dan Nogotirto. Kelurahan Gamping merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Gamping.

Kecamatan Gamping memiliki berbagai macam potensi ekonomi, antara lain: pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, dan jasa. Sektor pertanian merupakan sektor ekonomi utama di Kecamatan Gamping. Hasil pertanian utama di kecamatan ini meliputi padi, jagung, kedelai, dan sayuran.

Selain pertanian, sektor peternakan juga menjadi salah satu sektor ekonomi penting di Kecamatan Gamping. Jenis ternak yang paling banyak dipelihara di kecamatan ini adalah sapi, kambing, dan ayam.

Kecamatan Gamping juga memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Perairan di kecamatan ini meliputi sungai, waduk, dan tambak. Jenis ikan yang paling banyak dibudidayakan di kecamatan ini adalah nila, lele, dan patin.

Selain sektor pertanian, peternakan, dan perikanan, sektor perdagangan dan jasa juga menjadi sektor ekonomi penting di Kecamatan Gamping. Kecamatan ini memiliki beberapa pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern.

Kecamatan Gamping juga memiliki berbagai macam potensi wisata, antara lain: Candi Prambanan, Candi Plaosan, dan Candi Sambisari. Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan.

Candi Plaosan terletak di Desa Plaosan, Kecamatan Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan. Candi Sambisari terletak di Desa Sambisari, Kecamatan Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Raja Rakai Panangkaran.

Selain candi, Kecamatan Gamping juga memiliki beberapa objek wisata alam, antara lain: Tebing Breksi, Embung Tambakboyo, dan Watu Lumbung. Tebing Breksi merupakan tebing batu kapur yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan. Tebing ini terbentuk akibat aktivitas penambangan batu kapur.

Embung Tambakboyo terletak di Desa Tambakboyo, Kecamatan Gamping. Embung ini dibangun pada tahun 2014. Embung Tambakboyo merupakan salah satu objek wisata air di Kecamatan Gamping.

Watu Lumbung terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Moyudan. Watu Lumbung merupakan bongkahan batu besar yang terletak di tengah sawah. Batu ini dipercaya sebagai tempat penyimpanan beras oleh para petani.

Kecamatan Gamping juga memiliki beberapa objek wisata kuliner, antara lain: Gudeg Pawon, Sate Klathak Pak Bari, dan Soto Kadipiro. Gudeg Pawon merupakan salah satu rumah makan gudeg yang terkenal di Yogyakarta. Gudeg Pawon terletak di Desa Gamping, Kecamatan Gamping.

Sate Klathak Pak Bari merupakan salah satu warung sate klathak yang terkenal di Yogyakarta. Sate Klathak Pak Bari terletak di Desa Klaten, Kecamatan Gamping.

Soto Kadipiro merupakan salah satu warung soto yang terkenal di Yogyakarta. Soto Kadipiro terletak di Desa Kadipiro, Kecamatan Gamping.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top