Panduan Lengkap: Kode Pos Ngaglik Sleman dan Informasi Penting Lainnya


Panduan Lengkap: Kode Pos Ngaglik Sleman dan Informasi Penting Lainnya

Kabupaten Sleman merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibu kotanya berada di Sleman.

Kabupaten Sleman terdiri dari 17 kecamatan, salah satunya adalah Kecamatan Ngaglik. Kecamatan Ngaglik terletak di bagian barat laut Kabupaten Sleman dan berbatasan dengan Kota Yogyakarta di sebelah selatan, Kabupaten Bantul di sebelah barat, dan Kabupaten Kulon Progo di sebelah utara.

Kecamatan Ngaglik memiliki luas wilayah 56,71 km dengan jumlah penduduk sebanyak 152.922 jiwa (2020). Kecamatan ini terbagi menjadi 5 desa dan 1 kelurahan.

Kode pos untuk Kecamatan Ngaglik adalah 55581. Kode pos ini digunakan untuk semua desa dan kelurahan di Kecamatan Ngaglik.

Kecamatan Ngaglik merupakan salah satu kecamatan yang cukup maju di Kabupaten Sleman. Hal ini terlihat dari banyaknya fasilitas umum yang tersedia di kecamatan ini, seperti sekolah, puskesmas, pasar, dan tempat ibadah.

Selain itu, Kecamatan Ngaglik juga memiliki potensi wisata yang cukup besar. Beberapa objek wisata yang ada di kecamatan ini antara lain Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, dan Tebing Breksi.

Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di Desa Prambanan, Kecamatan Ngaglik. Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 Masehi oleh Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Ratu Boko merupakan kompleks candi Buddha yang terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Ngaglik. Candi Ratu Boko dibangun pada abad ke-8 Masehi oleh Kerajaan Mataram Kuno.

Tebing Breksi merupakan objek wisata alam yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Ngaglik. Tebing Breksi merupakan bekas pertambangan batu kapur yang kini menjadi tempat wisata.

Kecamatan Ngaglik juga terkenal dengan kesenian tradisionalnya, yaitu tari Serimpi. Tari Serimpi merupakan tarian yang berasal dari Keraton Yogyakarta. Tari Serimpi biasanya dibawakan oleh empat orang penari wanita.

Selain tari Serimpi, Kecamatan Ngaglik juga memiliki kesenian tradisional lainnya, seperti tari Jathilan, tari Kuda Lumping, dan tari Reog.

Kecamatan Ngaglik merupakan kecamatan yang cukup strategis di Kabupaten Sleman. Kecamatan ini dekat dengan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Akses transportasi menuju Kecamatan Ngaglik juga cukup mudah.

Dengan segala potensi yang dimilikinya, Kecamatan Ngaglik merupakan kecamatan yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Di sekitar Kecamatan Ngaglik, terdapat beberapa kecamatan lain yang juga memiliki potensi wisata yang menarik, seperti Kecamatan Prambanan, Kecamatan Kalasan, dan Kecamatan Tempel.

Kecamatan Prambanan terkenal dengan Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Kecamatan Kalasan terkenal dengan Candi Kalasan dan Candi Sari. Kecamatan Tempel terkenal dengan Candi Plaosan dan Candi Banyunibo.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top