Panduan Lengkap: Memahami dan Menggunakan Kode Pos Srengen, Blitar


Panduan Lengkap: Memahami dan Menggunakan Kode Pos Srengen, Blitar

Kode pos Srengen, Blitar adalah 66181. Daerah ini terletak di sebelah barat daya pusat kota Blitar, sekitar 10 kilometer dari Alun-Alun Kota Blitar. Kecamatan Srengen berbatasan dengan Kecamatan Wonotirto di sebelah utara, Kecamatan Talun di sebelah timur, Kecamatan Doko di sebelah selatan, dan Kabupaten Tulungagung di sebelah barat.

Kecamatan Srengen memiliki luas wilayah sebesar 44,95 kilometer persegi. Wilayahnya sebagian besar berupa perbukitan dengan ketinggian rata-rata 200 meter di atas permukaan laut. Kecamatan Srengen dialiri oleh beberapa sungai, di antaranya Sungai Brantas, Sungai Wlingi, dan Sungai Konto.

Penduduk Kecamatan Srengen berjumlah sekitar 60.000 jiwa. Sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian, peternakan, dan perdagangan. Kecamatan Srengen juga merupakan salah satu sentra industri kecil di Kabupaten Blitar. Di kecamatan ini terdapat beberapa pabrik tahu, tempe, kerupuk, dan makanan ringan lainnya.

Kecamatan Srengen memiliki beberapa objek wisata, di antaranya Candi Penataran, Candi Kendedes, dan Air Terjun Kedung Tumpang. Candi Penataran merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Jawa Timur. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-12 oleh Kerajaan Singasari. Candi Kendedes merupakan candi Buddha yang diperkirakan dibangun pada abad ke-10 oleh Kerajaan Mataram Kuno. Air Terjun Kedung Tumpang terletak di Desa Kedung Tumpang, sekitar 5 kilometer dari pusat Kecamatan Srengen. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dikelilingi oleh hutan pinus.

Kecamatan Srengen juga terkenal dengan kulinernya yang khas, yaitu nasi pecel. Nasi pecel Srengen menggunakan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabai, bawang putih, dan kencur. Nasi pecel biasanya disajikan dengan sayuran rebus, seperti bayam, kangkung, dan tauge, serta lauk-pauk, seperti tempe, tahu, dan telur.

Kecamatan Srengen merupakan salah satu kecamatan yang berkembang pesat di Kabupaten Blitar. Wilayah ini memiliki potensi yang besar di bidang pertanian, peternakan, perdagangan, dan pariwisata. Kecamatan Srengen juga memiliki akses yang mudah ke berbagai daerah di Jawa Timur, karena dilintasi oleh jalur utama Surabaya-Malang-Blitar.

Daerah-daerah terdekat dengan kode pos Srengen, Blitar meliputi:

  • Kecamatan Wonotirto
  • Kecamatan Talun
  • Kecamatan Doko
  • Kecamatan Kesamben
  • Kecamatan Panggungrejo
  • Kecamatan Sanankulon
  • Kecamatan Kanigoro
  • Kecamatan Selorejo
  • Kecamatan Garum
  • Kecamatan Nglegok

Demikian penjelasan tentang kode pos Srengen, Blitar. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top