Kode Pos Kutawaluya: Panduan Lengkap untuk Warga dan Pengunjung


Kode Pos Kutawaluya: Panduan Lengkap untuk Warga dan Pengunjung

Kode pos Kutawaluya adalah 41181. Kecamatan Kutawaluya berada di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 57,41 km dan berpenduduk sebanyak 90.000 jiwa (2020).

Kecamatan Kutawaluya terletak di bagian utara Kabupaten Karawang, berbatasan dengan Kecamatan Tempuran di sebelah utara, Kecamatan Tirtajaya di sebelah timur, Kecamatan Ciampel di sebelah selatan, dan Kecamatan Purwasari di sebelah barat. Kecamatan Kutawaluya dilintasi oleh Jalan Raya Pantura dan jalur kereta api.

Kecamatan Kutawaluya terdiri dari 12 desa, yaitu:

  1. Cilewo
  2. Cikampek Selatan
  3. Cikampek Utara
  4. Cikarang
  5. Cikarang Timur
  6. Cikarang Barat
  7. Cikarang Pusat
  8. Jatisari
  9. Kutawaluya
  10. Mekarjaya
  11. Sarimulya
  12. Sukaluyu

Pusat pemerintahan Kecamatan Kutawaluya berada di Desa Kutawaluya. Kecamatan Kutawaluya merupakan salah satu kecamatan terpadat di Kabupaten Karawang. Kecamatan ini memiliki berbagai macam potensi, baik di bidang pertanian, industri, maupun pariwisata.

Di bidang pertanian, Kecamatan Kutawaluya merupakan salah satu sentra produksi beras, jagung, dan kedelai. Kecamatan ini juga merupakan sentra produksi ikan air tawar, seperti ikan lele, ikan nila, dan ikan mas.

Di bidang industri, Kecamatan Kutawaluya memiliki beberapa kawasan industri, di antaranya adalah Kawasan Industri Cikarang, Kawasan Industri Jababeka, dan Kawasan Industri Karawang International Industrial City (KIIC).

Di bidang pariwisata, Kecamatan Kutawaluya memiliki beberapa objek wisata, di antaranya adalah Candi Jiwa, Candi Cangkuang, dan Air Terjun Curug Cigentis.

Kecamatan Kutawaluya berbatasan dengan beberapa kecamatan lain, yaitu:

  • Sebelah utara: Kecamatan Tempuran
  • Sebelah timur: Kecamatan Tirtajaya
  • Sebelah selatan: Kecamatan Ciampel
  • Sebelah barat: Kecamatan Purwasari

Kecamatan Kutawaluya memiliki beberapa akses transportasi, yaitu:

  • Jalan Raya Pantura
  • Jalur kereta api
  • Terminal bus
  • Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Kecamatan Kutawaluya merupakan salah satu kecamatan yang strategis di Kabupaten Karawang. Kecamatan ini memiliki berbagai macam potensi, baik di bidang pertanian, industri, maupun pariwisata. Kecamatan Kutawaluya juga memiliki akses transportasi yang cukup lengkap.

Demikian penjelasan tentang kode pos Kutawaluya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top