Panduan Lengkap: Mengenal Kode Pos Bakaran Batu Lubuk Pakam


Panduan Lengkap: Mengenal Kode Pos Bakaran Batu Lubuk Pakam

Kode pos 20373 mencakup wilayah Bakaran Batu dan Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara. Bakaran Batu merupakan kecamatan yang terletak di sebelah barat Kota Medan, sedangkan Lubuk Pakam adalah ibu kota Kabupaten Deli Serdang.

Wilayah Bakaran Batu dan Lubuk Pakam memiliki luas sekitar 300 km dengan jumlah penduduk sekitar 200.000 jiwa. Sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian, perkebunan, dan perdagangan.

Bakaran Batu dikenal sebagai sentra produksi rambutan dan durian. Sedangkan Lubuk Pakam terkenal sebagai penghasil jeruk dan nanas. Kedua wilayah ini juga memiliki potensi wisata alam yang cukup besar, seperti Air Terjun Sikulikap dan Gunung Sibayak.

Wilayah Bakaran Batu dan Lubuk Pakam dilintasi oleh Jalan Lintas Sumatera (JALINSUM) yang menghubungkan Kota Medan dengan Banda Aceh. Kedua wilayah ini juga memiliki akses transportasi yang cukup baik dengan adanya Bandara Internasional Kualanamu yang berjarak sekitar 30 km dari Bakaran Batu.

Bakaran Batu dan Lubuk Pakam memiliki beberapa sekolah dan universitas negeri maupun swasta. Beberapa di antaranya adalah Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (UNIMED), dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU).

Kedua wilayah ini juga memiliki beberapa rumah sakit dan klinik kesehatan. Beberapa di antaranya adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Pirngadi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Deli Serdang, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Pakam.

Bakaran Batu dan Lubuk Pakam memiliki beberapa pusat perbelanjaan dan pertokoan. Beberapa di antaranya adalah Plaza Medan Fair, Sun Plaza, dan Centre Point Mall.

Kedua wilayah ini juga memiliki beberapa pasar tradisional yang cukup besar. Beberapa di antaranya adalah Pasar Bakaran Batu, Pasar Lubuk Pakam, dan Pasar Peringgan.

Bakaran Batu dan Lubuk Pakam memiliki beberapa objek wisata alam yang cukup menarik. Beberapa di antaranya adalah Air Terjun Sikulikap, Gunung Sibayak, dan Danau Linting.

Kedua wilayah ini juga memiliki beberapa objek wisata budaya yang cukup menarik. Beberapa di antaranya adalah Rumah Adat Melayu Deli, Masjid Raya Al-Mashun, dan Istana Maimun.

Bakaran Batu dan Lubuk Pakam memiliki beberapa kuliner khas yang cukup terkenal. Beberapa di antaranya adalah Bika Ambon, Soto Medan, dan Mie Aceh.

Kedua wilayah ini juga memiliki beberapa kesenian tradisional yang cukup menarik. Beberapa di antaranya adalah Tari Serampang Dua Belas, Tari Tor-Tor, dan Musik Gondang Batak.

Bakaran Batu dan Lubuk Pakam memiliki beberapa upacara adat yang cukup menarik. Beberapa di antaranya adalah Upacara Adat Pernikahan Melayu Deli, Upacara Adat Pernikahan Batak, dan Upacara Adat Pernikahan Jawa.

Kedua wilayah ini juga memiliki beberapa tradisi yang cukup menarik. Beberapa di antaranya adalah Tradisi Gotong Royong, Tradisi Mudik, dan Tradisi Lebaran.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top