Panduan Lengkap Kode Pos Pengasih: Temukan Lokasi Tepat dengan Mudah


Panduan Lengkap Kode Pos Pengasih: Temukan Lokasi Tepat dengan Mudah

Kode pos Pengasih adalah 55651. Kecamatan Pengasih terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Temon di sebelah utara, Kecamatan Wates di sebelah timur, Kecamatan Nanggulan di sebelah selatan, dan Kecamatan Sentolo di sebelah barat.

Kecamatan Pengasih memiliki luas wilayah sebesar 63,55 km dengan jumlah penduduk sekitar 60.000 jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 12 desa, yaitu: Desa Pengasih, Desa Sendangsari, Desa Margosari, Desa Karangsari, Desa Tawangsari, Desa Kedungsari, Desa Krendetan, Desa Hargorejo, Desa Janten, Desa Kedundang, Desa Depok, dan Desa Sidomulyo.

Kecamatan Pengasih merupakan salah satu kecamatan yang maju di Kabupaten Kulon Progo. Hal ini dapat dilihat dari berbagai indikator, seperti tingkat pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Tingkat pendidikan di Kecamatan Pengasih tergolong tinggi, dengan rata-rata lama sekolah penduduknya mencapai 8 tahun.

Pusat Kecamatan Pengasih terletak di Desa Pengasih. Di desa ini terdapat berbagai fasilitas umum, seperti kantor kecamatan, kantor desa, pasar, dan sekolah. Kecamatan Pengasih juga merupakan salah satu jalur utama menuju Bandara Internasional Yogyakarta.

Kecamatan Pengasih memiliki beberapa objek wisata menarik, di antaranya adalah: Waduk Sermo, Air Terjun Kedung Pedut, dan Pantai Glagah Indah. Waduk Sermo merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di Kecamatan Pengasih. Waduk ini terletak di Desa Hargorejo dan memiliki luas sekitar 150 hektare.

Air Terjun Kedung Pedut terletak di Desa Tawangsari. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Pantai Glagah Indah terletak di Desa Glagah. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan ombak yang tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang dan berjemur.

Kecamatan Pengasih juga terkenal dengan hasil pertaniannya, terutama padi dan jagung. Selain itu, Kecamatan Pengasih juga merupakan sentra kerajinan gerabah. Kerajinan gerabah di Kecamatan Pengasih sudah ada sejak lama dan hingga saat ini masih terus dilestarikan.

Kecamatan Pengasih memiliki beberapa kecamatan tetangga, di antaranya: Kecamatan Temon di sebelah utara, Kecamatan Wates di sebelah timur, Kecamatan Nanggulan di sebelah selatan, dan Kecamatan Sentolo di sebelah barat.

Kecamatan Temon memiliki luas wilayah sebesar 58,47 km dengan jumlah penduduk sekitar 47.000 jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 10 desa, yaitu: Desa Temon, Desa Karangwuni, Desa Jangkaran, Desa Palihan, Desa Plumbon, Desa Glagah, Desa Karangsewu, Desa Sidoharjo, Desa Banguncipto, dan Desa Juminahan.

Kecamatan Wates memiliki luas wilayah sebesar 61,44 km dengan jumlah penduduk sekitar 70.000 jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 14 desa, yaitu: Desa Wates, Desa Bendungan, Desa Kulwaru, Desa Karangnongko, Desa Karangwuni, Desa Giripeni, Desa Ngestiharjo, Desa Jangkaran, Desa Sidomulyo, Desa Jangkaran, Desa Sawahan, Desa Karangtengah, Desa Karangasem, dan Desa Margosari.

Kecamatan Nanggulan memiliki luas wilayah sebesar 51,78 km dengan jumlah penduduk sekitar 45.000 jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 10 desa, yaitu: Desa Nanggulan, Desa Donomulyo, Desa Jatisarono, Desa Tanjungharjo, Desa Wijimulyo, Desa Giripeni, Desa Panjatan, Desa Banyuroto, Desa Kembang, dan Desa Jatirejo.

Kecamatan Sentolo memiliki luas wilayah sebesar 42,50 km dengan jumlah penduduk sekitar 35.000 jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 8 desa, yaitu: Desa Sentolo, Desa Salamrejo, Desa Bangsri, Desa Demangrejo, Desa Pengasih, Desa Triharjo, Desa Margomulyo, dan Desa Bangunrejo.

Kecamatan Pengasih merupakan kecamatan yang strategis dan memiliki potensi besar untuk berkembang. Kecamatan ini memiliki akses yang mudah menuju Bandara Internasional Yogyakarta dan berbagai objek wisata menarik. Selain itu, Kecamatan Pengasih juga memiliki potensi di bidang pertanian dan kerajinan gerabah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top