Panduan Lengkap Kode Pos Dompu: Temukan dengan Cepat dan Mudah


Panduan Lengkap Kode Pos Dompu: Temukan dengan Cepat dan Mudah

Kode pos Dompu adalah 84211. Dompu merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kabupaten Dompu memiliki luas wilayah sebesar 2.320,34 km dan jumlah penduduk sebanyak 222.832 jiwa (2020). Ibu kota Kabupaten Dompu adalah Dompu.

Kabupaten Dompu terletak di bagian timur Pulau Sumbawa. Kabupaten Dompu berbatasan dengan Kabupaten Sumbawa di sebelah barat, Kabupaten Bima di sebelah timur, dan Kabupaten Lombok Timur di sebelah selatan. Kabupaten Dompu memiliki garis pantai yang panjang, sehingga sebagian besar wilayahnya berupa daerah pesisir.

Kabupaten Dompu memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan berlangsung dari bulan Oktober hingga April, sedangkan musim kemarau berlangsung dari bulan Mei hingga September. Suhu udara di Kabupaten Dompu berkisar antara 22C hingga 32C.

Kabupaten Dompu memiliki potensi wisata yang besar. Beberapa objek wisata yang terkenal di Kabupaten Dompu antara lain Pantai Lakey, Pantai Wera, Gunung Tambora, dan Danau Satonda. Kabupaten Dompu juga memiliki beberapa situs sejarah dan budaya, seperti Prasasti Wadu Pa’a dan Benteng Doro Ncanga.

Kabupaten Dompu memiliki berbagai macam hasil bumi, seperti padi, jagung, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Kabupaten Dompu juga memiliki potensi perikanan dan peternakan yang cukup besar. Selain itu, Kabupaten Dompu juga memiliki beberapa tambang, seperti tambang emas, perak, dan tembaga.

Kabupaten Dompu memiliki beberapa daerah yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan industri. Beberapa kawasan industri yang potensial di Kabupaten Dompu antara lain Kawasan Industri Wera, Kawasan Industri Dompu, dan Kawasan Industri Tambora.

Kabupaten Dompu memiliki beberapa sekolah dan universitas. Beberapa sekolah dan universitas yang terkenal di Kabupaten Dompu antara lain Universitas Dompu, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Dompu, dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Dompu.

Kabupaten Dompu memiliki beberapa rumah sakit dan puskesmas. Beberapa rumah sakit dan puskesmas yang terkenal di Kabupaten Dompu antara lain Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dompu, Puskesmas Dompu I, dan Puskesmas Dompu II.

Kabupaten Dompu memiliki beberapa pasar tradisional dan modern. Beberapa pasar tradisional dan modern yang terkenal di Kabupaten Dompu antara lain Pasar Dompu, Pasar Wera, dan Pasar Tambora.

Kabupaten Dompu memiliki beberapa hotel dan penginapan. Beberapa hotel dan penginapan yang terkenal di Kabupaten Dompu antara lain Hotel Grand Legi, Hotel Dompu Palace, dan Hotel Wera Beach.

Kabupaten Dompu memiliki beberapa bank dan lembaga keuangan. Beberapa bank dan lembaga keuangan yang terkenal di Kabupaten Dompu antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Kabupaten Dompu memiliki beberapa perusahaan dan badan usaha. Beberapa perusahaan dan badan usaha yang terkenal di Kabupaten Dompu antara lain Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dompu, Perusahaan Daerah Listrik (PDL) Dompu, dan Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPE) Dompu.

Kabupaten Dompu memiliki beberapa organisasi dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Beberapa organisasi dan LSM yang terkenal di Kabupaten Dompu antara lain Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor).

Kabupaten Dompu memiliki beberapa tokoh terkenal. Beberapa tokoh terkenal yang berasal dari Kabupaten Dompu antara lain Sultan Muhammad Kaharuddin III, TGH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, dan Laksamana Muda (Purn.) H. Muhammad Noer Muis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top