Kode Pos Tayan Hilir: Panduan Lengkap dan Akurat


Kode Pos Tayan Hilir: Panduan Lengkap dan Akurat

Kode pos Tayan Hilir adalah 78353. Tayan Hilir merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia. Kecamatan ini terdiri dari 10 desa, yaitu: Aruk, Balai Sebut, Banua Padang, Batang Tarang, Pedalaman, Sejotang, Subah, Sungai Jawi, Tanjung Bunut, dan Tanjung Kelik.

Tayan Hilir terletak di bagian barat Kabupaten Sanggau. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Entikong di sebelah utara, Kecamatan Sekayam di sebelah timur, Kecamatan Kapuas di sebelah selatan, dan Kabupaten Bengkayang di sebelah barat.

Tayan Hilir memiliki luas wilayah sebesar 1.220,60 km. Kecamatan ini dialiri oleh beberapa sungai, di antaranya Sungai Kapuas, Sungai Sekayam, dan Sungai Melawi.

Penduduk Tayan Hilir sebagian besar adalah suku Dayak. Suku Dayak di Tayan Hilir terdiri dari beberapa kelompok, di antaranya Suku Dayak Iban, Suku Dayak Bidayuh, dan Suku Dayak Punan.

Mata pencaharian penduduk Tayan Hilir sebagian besar adalah bertani. Hasil pertanian utama di Tayan Hilir adalah padi, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Tayan Hilir memiliki beberapa objek wisata, di antaranya Air Terjun Riam Berasap, Taman Nasional Gunung Palung, dan Danau Sentarum.

Air Terjun Riam Berasap terletak di Desa Riam Berasap, Kecamatan Tayan Hilir. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Taman Nasional Gunung Palung terletak di perbatasan Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Ketapang. Taman nasional ini memiliki luas wilayah sebesar 90.000 hektare.

Danau Sentarum terletak di perbatasan Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Kapuas Hulu. Danau ini memiliki luas wilayah sebesar 13.900 hektare.

Tayan Hilir memiliki beberapa kecamatan tetangga, di antaranya:

  • Kecamatan Entikong di sebelah utara
  • Kecamatan Sekayam di sebelah timur
  • Kecamatan Kapuas di sebelah selatan
  • Kabupaten Bengkayang di sebelah barat

Kecamatan-kecamatan tersebut memiliki kode pos yang berbeda-beda. Kode pos untuk Kecamatan Entikong adalah 78361, kode pos untuk Kecamatan Sekayam adalah 78352, kode pos untuk Kecamatan Kapuas adalah 78351, dan kode pos untuk Kabupaten Bengkayang adalah 78711.

Demikian informasi tentang kode pos Tayan Hilir dan sekitarnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top